Rabu, 14 Desember 2011

Buletin Khutbah Jum’at



Munculnya berbagai persoalan yang semakin komplek di tengah umat menuntut optimalisasi dan inovasi kegiatan dakwah Islam. PENAMAS Kankemenag Kab. Magelang dalam hal ini selalu mencoba cara baru untuk membantu kegiatan dakwah Islam di wilayah Kab. Magelang. Salah satunya adalah dengan menerbitkan buletin khutbah Jum'at. Hal ini untuk mengantisipasi materi-materi khutbah yang selama ini hanya memakai satu kitab/buku, yang selalu diulang-ulang oleh khotib Jum'at.
Sudah sejak awal tahun 2010, Penamas Kankemenag Kab. Magelang telah menerbitkan buletin Khutbah Jum'at. Buletin Khutbah ini sebagian besar menggunakan bahasa Jawa dan hanya beberapa judul yang berbahasa Indonesia, mengingat hampir mayoritas masjid dan musholla di wilayah Kab. Magelang masih menggunakan bahasa Jawa. Hingga saat ini buletin Khutbah Jum'at telah terbit 6 edisi. Respon masyarakat cukup bagus, sehingga hampir setiap penerbitan, buletin ini selalu habis. Bahkan ada yang sudah pesan jauh-jauh hari. Dalam setiap penerbitan, PENAMAS memberikan kebijakan kepada seluruh Penyuluh Agama Islam baik Fungsional maupun Honorer se-Kab. Magelang untuk memiliki buletin Khutbah Jum'at ini, sehingga para penyuluh terutama yang laki-laki siap menjadi khotib kapanpun dan dimanapun jika masyarakat memintanya.
Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Kantor Kemenag Kab. Magelang, serta para kontributor artikel. Para penyuluh agama Islam baik fungsional maupun honorer juga selalu mengirimkan artikel khutbahnya. Meskipun tidak semua artikel diterbitkan mengingat konteks dan even pada saat buletin khutbah ini diterbitkan. Jadi, redaksi buletin menyeleksi judul-judul yang sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang hangat, seperti Hari Besar Islam, Hari Besar Nasional, dan peristiwa insidentil. Sebagaimana terjadinya bencana alam Merapi, redaksi memilih judul yang sesuai dengan peristiwa tersebut.
Oleh karena itu, keberadaan buletin khutbah Jum'at ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang baik dalam kegiatan dakwah khususnya di wilayah Kab. Magelang. Selain itu, buletin ini juga mendorong para penyuluh untuk menulis materi khutbah Jum'at. Maka buletin ini bersifat dari penyuluh, oleh penyuluh, dan untuk penyuluh. -asyf-

0 komentar:

Posting Komentar

FB